Pelopor Lingkungan Hidup Kayangan

Setiap tahun pada bulan Agustus menjadi bulan penuh suka cita bagi Rakyat Indonesia. Mengapa tidak karena pada bulan ini lah tepatnya pada 17 Agustus 1945 Rakyat Indonesia merayakan Kemerdekaan yang ke 72 tahun setelah kurang lebih 350 tahun di jajah oleh bangsa lain. Upacara memperingati Hari Kemerdekaan dilaksanakan tiap tahun, baik di daerah maupun nasional. Begitu juga dengan Pemerintah Kecamatan Kayangan yang terletak di Kabupaten Lombok Utara Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) melakukan Upacara Bendera di Lapangan Umum Kecamatan Kayangan. Pada sesi akhir upacara Camat Kayangan memberikan Piagam Penghargaan Tokoh Pembangunan di Kecamatan Kayangan.

Jpeg

Sejak Kecamatan Kayangan dibentuk tahun 1999/2000, ini pertama kalinya Pemerintah memberikan Penghargaan kepada para tokoh pelopor pembangunan di tingkat Kecamatan. Pemberian penghargaan kepada para tokoh ini merupakan inisiatif Bapak Husna Hadi Albayani, S.S selaku Camat Kayangan dan Panitian HUT RI ke 72 tahun 2017. Tujuan pemberian penghargaan ini agar tokoh pembangunan termotivasi dan lebih giat peduli terhadap pembangunan di Kabupaten Lombok Utara khususnya Kecamatan Kayangan.

Salah satu dari tokoh tersebut adalah Abidin Tuarita yang merupakan Koordinator Wilayah di NTB Konsorsium KpSHK – KONSEPSI dalam Program Pengelolaan Sumber Daya Alam Berbasis Masyarakat (PSDABM) yang didukung oleh MCA – Indonesia. Abidin Tuarita menerima piagam penghargaan sebagai Pelopor Lingkungan Hidup Kecamatan Kayangan.

Sebelumnya Abidin Tuarita mengaku bahwa dia tidak ada informasi apapun mengenai pemberian penghargaan tersebut. Karena sehari sebelum Upacara Kemerdekaan, Camat Kayangan hanya menelponnya untuk menghadiri Undangan Upacara Hari Kemerdekaan. Saat Abidin Tuarita memperoleh penghargaan barulah ia menyadari maksud dari undangan Pak Camat melalui telpon tersebut.

“Menjadi Pelopor Lingkungan Hidup Kecamatan Kayangan diluar dugaan saya. Terlepas dari itu penghargaan ini milik kita semua. Perhatian Pemerintah atas kerja nyata kita diwilayah Desa Santong Kecamatan Kayangan menjadi catatan penting bagi saya dan bagi kita dalam perjuangan Peningkatan Akses Kelola Perhutanan Sosial dan Layanan Ekosistem bagi Masyaraka Pinggir Hutan secara Lestari. Semoga dapat menekan angka kemiskinan di Wilayah Santong juga sekitarnya sesuai dengan Nawacita Jokowi – JK dan RPJMD NTB”, kata Abidin Tuarita, Koorwil Lombok.

Ucapan selamat pun terus mengalir untuk Abidin Tuarita, termasuk dari Konsorsiun KpSHK. Secara khusus Penanggung Jawab Program PSDABM Lead Konsorsium KpSHK Mohammad Djauhari memberikan ucapan selamat kepada Abidin Tuarita atas penghargaannya sebagai Pelopor Lingkungan Hidup Kecamatan Kayangan.

“Atas nama Lembaga (KONSEPSI) dan Pribadi, saya mengucapkan selamat kepada Bapak Abidin Tuarita atas penghargaan yang diperoleh. Ini merupakan bentuk pengakuan “Lingkungan” terhadap kiprah dan kerja nyata Pak Abidin. Bagi saya Pak Abidin sangat pantas menerimanya. Sekali lagi selamat dan semoga menjadi motivasi bagi teman-teman yang lain”, kata Moh. Taqiuddin (Direktur KONSEPSI).

#KpSHK/Nova#

(sumber : http://kpshk.org/2017/08/22/pelopor-lingkungan-hidup-kayangan/ )

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *