Komoditi

Jambu mente adalah sejenis tanaman yang memiliki buah yang dapat dimakan. yang lebih terkenal dari jambu mente adalah bijinya yang biasa dikeringkan dan di goreng untuk dijadikan bahan makaan.  Jambu mete merupakan pohon yang bermusiman, pada bulan sepetember jambu mete sudah mulai berbuah tetapi hanya sedikit.

Banyaknya hasil panen tergantung dari umur tanaman jambu mete yang berumur 3-4 tahun, dapat menghasilkan gelondong kering 2-3kg/pohon. Hasil ini meningkat menjadi 15-20kg/pohon jambu mete sebenarnya masih dapat berproduksi sampai umur 50 tahun tetapi masa paling produktif adalah pada umur 25-30 tahun.

Setelah proses pembuatan produksi jambu mente yang di olah menjadi abon yang dikemas dengan seindah mungkin, kemudian dilakukan pemasaran produk melalui toko-toko terdekat dengan kisaran harga persatu 1 kg mencapai harga dari Rp.15.000 – 25.000. Hal ini dikarenakan produk terbilang baru diwilayah sekitar kecamatan sambelia khususnya didesa sugian. melalaui pemasaran dari toko-toko tersbut itulah kelompok KWT Bangkit Bersama mampu memproduksi olahan jambu mete sebagai nilai tambah kelompok melalui pengolahan hasil hutan bukan kayu (HHBK) yang selama ini tidak di manfaatkan dengan maksimal oleh masyarakat.

Menurut ketua kelompok  KWT Bangkit Bersama bahwa dari hasil pengolahan masyarakat sudah mendapatkan nilai tambah dari HHBK yang ada.

 

Comments are closed