Desa Sugian Pamerkan Khas Singkong Olahan

LOTIM, Desa Sugian Kecamatan Sambelia pada pameran yang berlangsung di lapangan Nasional ( LAPNAS ) 4/10 kemaren memamerkan kripik singkong olahan sebagai produk unggulan Desa setempat.

Dari pengamatan sejak di bukanya pameran tersebut  antusiasme pengunjung memasuki stand pameran sangat tinggi,  rata-rata pengunjung lebih banyak mempertanyakan latar belakang bahan baku, bumbu dan tata cara pengolahannya itu  sendiri.

Salah satu pengunjung  asal Selong  Nurul Hiwayati mengatakan sangat puas berada di stand Desa Sugian “ saya inikan pengusaha kripik juga, pada tingkat grosir, makanya saya tanya cara olahannya, saya berencana akan memesan juga untuk saya edarkan di pelanggan tetap saya “ tegas Nurul.  Sementara itu Ketua KWT Bangkit Bersama Desa Sugian Hadiaton, saat di temui di stand pameran mengatakan awalnya dirinya mempunyai ide dengan Tim Penggerak PKK Desa Sugian. Ketika melihat banyak potensi bahan baku yang melimpah namun dijual dengan harga murah di pasar-pasar. Atas dasar hal tersebut ia meminta kepada pihak Desa untuk tetap memberikan dukungan terkait pengolahan Singkong yang akhirnya berhasil sampai saat ini.

Ia juga menjelaskan potensi bahan baku singkong  yang dimiliki para petani selama ini di anggap bukan tanaman utama,  hanya sekedar tanaman tumpangan. Setelah petani tahu bahwa bahan baku ini bisa di industrikan, mereka semakin serius melakukan perawatan sehingga bisa menghasilkan bahan baku berkualitas.

Hal yang sama juga di katakan Tim Penggerak PKK Desa Sugian, Yeni Haryana menjelaskan dari hasil olahan kripik singkong  telah mampu membuat industri olahan dan telah meningkatkan kesejahteraan perempuan setempat. Kedepan juga industrialisasi kripik ini akan di perlebar dan ia berterimakasih di berikan kesempatan untuk mempromosikan hasil  olahan dari KWT Bangkit Bersama Desa Sugian, yang bekerja sama dengan PKK Desa di pameran itu.

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *